Tips memilih template blog biar enak dipandang

Ibarat anda, template blog tentunya sangat berperan penting layaknya baju yang anda kenakan setiap hari. tapi, sayangnya, desain template blog yang enak dipandang tidak selamanya bisa seenaknya diganti setiap hari layaknya baju. nah, untuk itu, kita mesti jeli memilih desain template blog yang sifatnya compatible dan mampu bertahan beberapa tahun ke depan. kenapa ? karena efek dari sering gonta ganti template blog justru akan berimbas pada trafic blog anda dan seo tentunya. selain itu, terkadang layout artikel anda akan tampak berantakan saat mencoba mengganti desain template blog baru. alhasil, anda akan repot untuk mengedit kembali seluruh artikel biar tampak matching dengan template blog.

 nah, berikut beberapa tips memilih desain template blog  biar sesuai dengan harapan anda.

1. PILIH PREMIUM ATAU CUSTOM ?

ini penting bagi anda yang berniat mengeluti dunia blog secara serius. biasanya, template premium memiliki tampilan yang memukau dengan efek css di dalam desain template blog. tapi, sayang. beberapa pembuat template justru menjual desain template blog  untuk bisa digunakan oleh hampir semua orang. nah, kalau begini, jangan harap anda akan memiliki tampilan otentik. karena bisa saja, tampilan blog anda akan sama dengan beberapa blog lainnya. solusinya, pilihlah desain template blog  yang sesuai dengan keinginan anda. kalau perlu, pesan dengan cara custom biar desain template bloganda memiliki ciri khas sendiri. yah, walaupun anda mesti mengeluarkan biaya yang mahal.

2. PERHATIKAN RESPONSIVE TEMPLATE ANDA

poin ini termasuk yang paling krusial. biasanya, desain template blog yang memukau kadang kala tidak responsive. entah loadingnya terlalu lama, atau bahkan tidak compatible dengan perangkat lain semisal tablet dan telepon genggam. padahal, rata-rata kebanyakan orang mengakses internet melalui perangkat seluler dan tablet. nah, kalau tampilan blog anda berantakan di versi mobile atau tablet, bisa-bisa anda akan kehilangan trafic pengunjung. kan sayang sekali.

3. SESUAIKAN DENGAN KONTEN BLOG.

dalam beberapa kasus, sering ditemukan blog yang tidak nyambung dengan konten blognya. ibaratnya, anda salah kostum saat menghadiri acara. kalau begini, bisa-bisa blog anda hanya akan menyusahkan pengunjung. misalnya, bila blog anda memuat hal-hal seputar berita, maka pilihlah desain template blog bertemakan magazine. begitupun dengan blog personal, portofolio dan lainnya.

4. IKLAN YANG NYAMAN DIPANDANG.

terkadang, saya sering merasa kesal dengan desain template blog yang sering menampilkan iklan. apalagi bila scriptnya auto click, atau bahkan sering muncul pop ads. nah, sebaiknya hindarilah hal seperti ini. solusinya, pilihlah template yang nyaman saat menampilkan iklan. entah disisipkan di dalam artikel maupun dibawah postingan. lebih bagus lagi, bila tampilan iklan yang sifatnya pop ads dihilangkan dalam versi mobile sehingga tidak menutup layar ponsel pembaca. oh ya, kalau anda ingin mencari template seperti ini, bisa mengunjungi situs http://www.themeindie.com/. rata-rata, tampilan iklannya sangat nyaman dimata.

5. LETAK PROFIL PENULIS.

nah, bagi anda yang biasanya sering membuat artikel sendiri tanpa copy paste. pasti sangat menginginkan profil anda tampil didalam artikel yang anda buat. jadi, silahkan pilih tampilan blog yang menampilkan profil penulis. biasanya, berada di atas artikel dengan tampilan nama dan gambar (sesuai profil blog atau google plus) atau berada di bawah postingan (biasanya berisi info singkat penulis beserta akun sosial media). jadi silahkan sesuaikan dengan selera anda.

untuk tampilan blog organisasi, sebaiknya menggunakan profil yang netral semisal nama redaksi. sedangkan untuk kontributor bisa ditulis di awal maupun akhir artikel. atau, bisa juga memanfaatkan multi author seperti di blogger.

selamat menerapkan tips ini. semoga blog anda lebih tertata rapi dan enak dipandang. happy bloging.

Komentar

(1)
  1. Kadang, layout blog juga perlu dipeehatikan terumatama jenis font dalam postingan. Sizenya sama jarak spasi yg sesuai dengan kenyamanan pembaca. :) $-)

    BalasHapus

Posting Komentar