5 Blogger berdarah Gorontalo, apakah anda termasuk?

Sebenarnya draft tulisan ini sejak lama sudah saya persiapkan untuk dipublish ke blog saya. berhubung kesibukan aktivitas kuliah padat, saya masih belum sempat untuk menerbitkan konten ini di blog saya. selain itu, saya juga masih mencari kronologis perkembangan blogger di Gorontalo terutama komunitas Blog Gorontalo yang lebih dahulu hadir dan masih eksis sampai sekarang.

Kalo saya tidak salah, di tahun 2012, Gorontalo mulai intens mengumpulkan blogger Gorontalo di bawah komunitas Blogger Saronde. komunitas ini diketuai langsung oleh bapak Amril Taufik Gobel, Blogger kenamaan Makasar yang memiliki silsilah darah Gorontalo. 

Komunitas Blogger Gorontalo Saronde pada awalnya dilaunching di kampus UNG bersamaan dengan seminar blogger yang diadakan teman-teman mahasiswa dari jurusan informatika. Kala itu, pesertanya tidak hanya dari kalangan mahasiswa UNG saja, tetapi dari kalangan luar civitas kampus dan masyarakat umum yang memiliki minat mendalami dunia blog. 

Sayang, eksistensi komunitas blog tersebut lambat laun mulai menurun hingga akhirnya mati suri dari dunia blog Indonesia. Padahal saat itu, konten yang dihasilkan oleh blogger Gorontalo mulai banyak. hanya perlu diarahkan lebih lanjut dalam memilah kata dan mengoles artikel.

Lepas dari mati surinya komunitas blog saronde Gorontalo, blogger Gorontalo ini mulai berjalan sendiri-sendiri tanpa dinaungi komunitas. Meski begitu, satu dua bloggger Gorontalo tetap bertahan dan teruss menghasilkan konten bermanfaat. 

Sampai tulisan ini saya buat -tentu saja dengan perspektif subyektif saya- ada beberapa blogger Gorontalo yang tetap eksis menulis dan berkarya tanpa bernanung di bawah komunitas blog Gorontalo (yang resmi). nah, berikut sedikit ulasan mengenai Blogger Gorontalo.

1. Crishtoper Paino


kalau anda termasuk orang yang menyukai  cerita-cerita bernuansa Gorontalo, saya rasa Blog ini mesti disambangi  sembari menikmati teh hangat di kala senja. tulisan-tulisan dari om Crish siap memanjakan fantasi pembacanya ke rimbunan hutan Gorontalo sampai dengan ritual tarian dayango yang kian hari mulai ditinggalkan masyarakat Gorontalo.

Tak hanya piawai meramu cerita, om Crish juga mampu menghadirkan dunia perpolitikan di Gorontalo dari sudut pandang berbeda. mungkin latar belakang jurnalis membikin tulisan-tulisan di dalam blognya enak dinikmati. renyah, dan menawarkan perspektif berbeda kepada pembaca. 

Topik yang diangkat juga bersifat sarat dengan kehidupan sehari-hari. sederhana dalam memotret keseharian masyarakat Gorontalo.

Di dunia nyata, Om Crish juga termasuk aktivis lingkungan dan kontributor di beberapa media online seperti Degorontalo.co dan mongabay. Bagi anda yang ingin mengunjungi blognya, silahkan mampir ke blog om Crish yang beralamat di Narasiku.com 

2. Om Syam Terajana


Kritis dan unik!! itulah kesan saya ketika mampir ke blognya om Syam Terajana. Narasinya mampu membawa pembacanya melihat Gorontalo dari kacamata yang berbeda. Entah mengapa, di setiap tulisan om syam secara langsung bisa membawa "kita" betah berlama-lama menikmati keindahan kopi Pinogu sampai mengenal lebih dalam om Riden Baruady, Fotografer handal sekaligus orang tua angkat bagi mahasiswa rantauan Gorontalo yang sementara melanjutkan studi di Jogjakarta tahun 90-an silam.

niche blog om Syam ini terbilang beragam. Laiknya gado-gado yang diramu dengan bumbu sesuai takaran yang pas. Ada cerpen yang ia buat di rentangan tahun-tahun tertentu, pengalam ia meliput sebuah berita. atau cerita di balik lukisan yang pernah ia buat. Puisi-puisinya juga punya sihir tersendiri di tiap bait kata. 

Bagi ente  yang ingin menikmati tulisannya Om Syam, silakan mampir saja ke alamat blognya di Kawansyam.com. jangan lupa, sesekali main-main ke Maksoed kopi. Siapa tau anda bisa bertemu langsung dengan editor degorontalo.co ini.

3. Alfrangki Ibrahim.


Ka Frangki, bagitulah sapaan akrab saya saat melanjutkan sekolah di Man Model Gorontalo selama tiga tahun, (mulai dari tahun 2007-2010).  ka Frangki sendiri termasuk salah satu kakak kelas saya di waktu itu. jangan tanya apakah kami sudah mengenal dunia blog di tahun 2009. toh, jumlah warnet di Gorontalo sendiri masih memasuki fase perkembangan dengan munculnya trend sosial media Friendster dikalangan anak muda Gorontalo.

Nah,  bicara dunia blog, ka Frangki ini termasuk Blogger Gorontalo yang cukup memumpuni menggeluti dunia Blog. tulisan-tulisan Blognya lebih ke arah teknologi, termasuk tutorial Blog dengan tema tulisan beragam. Dari mengedit template html sampai tutorial blog tentang Css dan java scipt. 

Jadi, kalo anda ingin belajar dunia blog lebih mendalam terutama seputar ngoding html, silahkan saja anda jalan-jalan ke blognya ka frangki di bungfrangki.com.

Selain menulis artikel tentang dunia blogging, ka frangki juga termasuk blogger yang memiliki skill membuat template blog. jadi, kalau butuh template blog murah dan berkualitas, silahkan saja meluncur  ke http://www.themeindie.com/. siapa tau, ente bisa dapat diskon.

4. Thoriq Mondanggu

Siapa yang menyangka sosok Thoriq Mondanggu ternyata juga seorang blogger. Dengan memnggunakan platform wordpress, ka Oki (sapaan akrab beliau) sejak 2009 silam, sudah mulai intens menulis ide-ide tentang gugatan politik dan teologinya di blog pribadi yang beralamat di https://thariqmodanggu.wordpress.com

Tulisannya termasuk berani dan "nakal" karena mengankat genre agama dan tuhan. meski begitu, ka oki mampu meramu bahasanya lebih membumi dengan pemilihan narasi  yang mudah dipahami oleh semua kalangan. 

Berawal dari tulisan di blognya juga, ka Oki ide menyusun buku fenomenal dengan judul nakalnya "mengutuk tuhan yang terkutuk" bermula. kita bisa menemui salah satu tulisannya di blog pribadi beliau yang ia juduli; ketika burung memberaki tuhan. judul yang terbilang nakal dan mencoba bermain-main di domain teologis seseorang. sampai sekarang, buku mengutuk tuhan yang terkutuk termasuk buku fenomenal bagi masyarakat Gorontalo. langka, dan susah ditemui.

5. Idrus Dama


pria yang baru saja menikah ini (alhamdulillah) termasuk jajaran Blogger Gorontalo angkatan 2010 ke atas. saya mengenalnya di forum Blogger Saronde di tahun 2012 silam. bicara prestasi, ka Idrus ini sudah berhasil meraih kemenangan diberbagai macam lomba blog, baik skala lokal maupun nasional. dengan mengusung genre random post. ka Idrus sampai sekarang tetap konsisten menulis blognya yang beralamat di http://www.gorontalotoday.net/. tulisan-tuisannyapun lebih banyak mengeksplore potensi pariwisata Gorontalo hingga informasi terkini di Gorontalo.

Ka Idrus juga turut membantu beberapa sekolah dan organisasi yang membutuhkan jasa publikasi dengan memanfaatkan media blog. sayang, semenjak dulu, saya masih belum kesampaian juga bertemu langsung dengan Blogger Gorontalo berdarah Tilamuta ini.

 ***

Sekian dulu ulasan saya mengenai Blogger Gorontalo yang masih eksis sampai sekarang. tentunya, tulisan ini berdasarkan asumsi pribadi dan bagaimanapun juga, masih banyak blogger-blogger Gorontalo di luar sana yang belum saya ketahui. sayapun berharap, ke depan nanti bakalan ada bermunculan Blogger Gorontalo yang tetap konsisten dan menulis sekaligus memperkenalkan Gorontalo ke masyarakat luas dengan memanfaatkan media blog. siapa tahu, tulisan ini bisa memantik kesadaran menulis dan bangkitnya kekuatan blogger dari Gorontalo.






Komentar

(3)
  1. Wah... Saya olo ada iko itu kegiatan BlogLicious. Sayang so tida ada kabar poli itu komunitas. Haha

    BalasHapus

Posting Komentar